Japan At a Glance

Jepang merupakan suatu negara kepulauan yang terletak di bagian timur benua Asia. Sebelah utara berbatas dengan Korea Selatan, timur dengan Samudera Pasifik, Barat dengan daratan China serta Selatan dengan Laut China Selatan.

Jepang memiliki luas sekitar 372.000 km2 dengan beberapa pulau utama seperti Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyusu serta ribuan pulau-pulau kecil lainnya.

Posisinya yang terletak di daerah beriklim sedang mengakibatkan Jepang secara umum memiliki iklim lembut dengan beragam musim. Musim semi berlangsung sekitar bulan Maret – Mei, musim panas dari Juni- Agustus, musim gugur sekitar September – November dan musim salju Desember – Februari.

Temperatur terendah bisa mencapai di bawah 0º C, sementara temperatur tertinggi bisa tidak lebih dari 33º -44º C.

SISTEM PENDIDIKAN TINGGI

Secara umum sistem pendidikan tinggi di Jepang dapat dikategorikan ke dalam 4 bagian, universitas (Daigaku), akademi teknologi (Tanki-daigaku), sekolah tinggi teknik (Koto-senmon-gakko) dan sekolah kejuruan (Senmon-gakko).

Hampir sama halnya dengan Indonesia, lama masa studi untuk pendidikan tinggi (sarjana) adalah 4 tahun kecuali bidang pendidikan kedokteran yang relatif menghabiskan  6 tahun. Untuk tingkat studi lanjutan, biasanya dibutuhkan waktu 2 tahun (program master) dan 3 tahun (program doktor).

Tahun akademik dimulai sekitar bulan April dan berakhir Maret tahun berikutnya. Perkuliahan dibagi dalam dua semester, semester pertama berlangsung dari Maret sampai dengan September dan semester kedua dimulai dari bulan oktober dan berakhir Maret.

Bahasa yang umum digunakan dalam proses belajar mengajar adalah bahasa Jepang. Hanya beberapa program tertentu yang menggunakan bahasa Inggris sebagai perantara. Oleh karena itu setiap mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi ke Jepang perlu mempersiapkan kemampuan bahasa ini dengan sebaik mungkin.

Biasanya di beberapa universitas di Indonesia memiliki pusat kursus bahasa Jepang yang dikelola pihak universitas. Hal ini memungkinkan banyak mahasiswa untuk belajar bahasa Jepang sedini mungkin sejak bangku kuliah. Dari segi materi dan fasilitas yang disediakan cukup bagus, bahkan sertifikasi yang diperoleh untuk tingkat/ level tertentu dapat digunakan untuk melamar ke universitas di Jepang.

KEHIDUPAN DI JEPANG

Selain terkenal dengan kemajuan sains dan teknologinya, Jepang juga dikenal sebagai salah satu negara dengan biaya hidup tertinggi di dunia. Hal ini sangat jelas terasa terutama bagi mereka yang menempuh pendidikan di kota- kota besar seperti Tokyo.

Beberapa mahasiswa asing khususnya dengan biaya sendiri/ partial scholarship dapat mengambil kerja paruh waktu di luar jam kuliah. Hal ini dimungkinkan di Jepang selama tidak mengganggu kegiatan kuliah dan memenuhi beberapa syarat tertentu. Namun bagi mahasiswa asing, sebelum memutuskan untuk mengambil suatu pekerjaan, coba pertimbangkan lagi hal-hal seperti jenis pekerjaan, waktu kerja (sampai larut malam atau tidak) dan metode pembayaran gaji (harian, per minggu atau per bulan).

Informasi lebih detil mengenai studi dan tinggal di Jepang
http://www.studyjapan.go.jp

http://www.id.emb-japan.go.jp/expljp.html