Disuatu siang yang sejuk karena hawa yang menandakan langit akan menangis, seorang gadis berjilbab duduk menyendiri di sudut beranda kelas. Dia terlihat sedih…

Ayu     : Apa yang harus aku lakukan untuk menyelesaikan semua masalah ini?. Ya ALLAh, bantulah hamba-Mu ini.. ( sambil mendekap kedua tangannya ke dagu)

Tiba- tiba, dari arah belakang ayu, 2 orang mengendap- endap mengkagetkannya

Dewi   : Dooor!!!!

Ayu     : eh monyong.. eh monyong

Apaan seh qm ini, ngagetin aja. Nek q jantungan ya apa.. qm mau tanggung jawab (berkata sewot sambil memonyongkan mulutnya)

Lisa     : Aduh, ga’ usah sewot ah buk.. Cuma gt ae loh.. ga’2 nek qm is dead he..3x

Peace!! Habisnya dr td qt perhatiin qm ngelamun ae’e

Dewi   : iya nih.. da apa seh. Crita po’o. Masak ga’ percya ma qt. Dr  td jam pljrn pertama qm murung aja, ga’ semangat kya’ biasax. Emng da apa seh..

Ayu     : ah ga’ da apa2 kok. Q loh biasa ae. Ga’ brubah kya’ biasax

Dewi   : Yu, qt ini da shbtn brapa lama seh. Msak qm ga’ prcya ma qt. Nek ada mslh itu crita. Jgn dipendam sndri..

Lisa     : iya nih, nek qm simpan dhewe ntar stress loh ya. Biarin, ntar nek ada apa2 q ga’ mau bntu

Ayu     : aduh, shbt Q yang cerewet. Iya2 ga’ da mslh apapun kok.. all is well

Dewi   :alah gaya lo, pake bhs. ING segala. Wonk nilai bhs ing ae dpt bebek ha..3x

Ayu     : yeah, ngece! Bhs. Ing q dpt 8 nda..

Lisa     : uda2, kok mlh pamer nilai, wes nilai berapapun ga’ mslh yg pntng qt dpt ilmunya.

Iya bu guru ( jawab ayu dan dewi serempak)

Lisa     : Oh, nakal.. kalian ini, dikasih nasihat mlh ngece..

Dewi   : iya2,, just kidding tau. Gt aja da manyun 50cm

( sambil mencubit pipi Lisa)

Ketiga orang itupun tertawa riang,saling mencubit dan mengelitik satu sama lain.  Mereka tidak menyadari kalau ada sepasang mata yang senantiasa mengawasi gerak- gerik mereka. Seseorang yang begitu iri pada persahabatan mereka.

Lisa     : uda ah uda, qt kembali ke topik mslh. Qm knapa kok yu. Ga’ mgkn ga’ ada apa2. Qm i2 anak yg ceria, baru kali ini kami lht qm murung kya’ gni. Ayo ah, crita po’o

Ayu     : ( terdiam membisu sambil berpikir ). Okey, Q emng ga’ bsa sembunyi dri masalah. Sbnrx ini mslh kluarga dan kalian tidak perlu tau tp krn q da nganggap kalian tmen baik Q. Okey akan q critain sebenarnya apa mslh Q..

Dewi   : nah gt dong, qt kan shbtn so hrus sling terbuka. Ayo.. ayo.. gmn critax

Ayu     : ( menghela nafas pnjang smbil menatap lurus ke dpn)

Bgni, qt kan sbntr lg mau ujian smester. Nah untuk bisa ikt ujian kan hrus ngelunasi smw biaya administrasi (SPP) . mslh Q adlh, orng tua Q ga’ punya uang u/ membayar i2. Cz bpk kmrn kena musibah

Lisa     : Hah!! Musibah.. musibah apa, bkn’e kmrn pgi pas q jmpt qm, bpk qm msh sehat- sehat ae

Ayu     : ya, bpk kena musibah kemarin malam, beliau kena tabrak lari dan skrng kondisix kritis. Beliau hrus segera di operasi. Sedangkan kalian tahu sndri kan gmn kndsi keuangan kluarga Q. Bpk cma  sebagai tkang becak dan ibu hanya kerja sambilan seadanya. Msak ibu hrus meminjam lg pd renterin, wonk hutang2 yg lalu aja blm lunas. Belum lg memikirkan biaya ujian Q. Q bgung harus ngapain..

Dewi   : ya ALLAh, qt turut berduka cita atas musibah bpk qm yu.. smoga beliau bsa lekas sembuh

Lisa     : ya jgn cma berdoa tok, qt hrus brusha gmn kluar dr mslh ini..!!

Dewi   : pinter!!! Tumben otak qm encer lis, tp gmn ya crax

Lisa     : huh qm iku, tkang ngece ae( sambil cemberut)

Ahay.. Q pnya ide. Gmn klo qt nyari kerja sambilan. Qt bntu ibunya ayu nyari uang, kerja apa kek, pokokx menghasilkan uang+ tdk mengganggu skul qt. Ya apa??

Dewi   : ide yg bgus, tp kerja apa ya??? Tuing2..

Ayu     : aduh, wes ga’ usah wes. Lgian ga’ usah bntu q sampek sgtux. Kalian mau dengar keluh kesah q ae, Q da sangat lega. Kalian ga’ usah ssampek bela2in Q kya’ gt..

Dewi   : Ayu, qt itu da ibarat kluarga, klo yg 1 kesusahan yg lain jg hrus bntu..

Lisa     : Q pnya ide. Ya apa nek qt kerja jdi loper koran. Qt ngmbl koran dr agen2 trus jual di sekitar pasar ato tmpat2 umum. Lgian waktux jg ga’ bkal skul qt cz dpt qt kerjain pas pgi. Nah sorex qt brngkt skolah seprti biasax. Ya apa??

Dewi   : Wah ide bgus tuh. Q setuju2 ae. Kan nambah pengalaman jg..

Ayu     : aduh ga’ usah wes. Q ga’ mau ntar kalian tmbh kena mslh nek bntuin Q, uda wes ga’ usah bntuin Q.

Dewi   : alah yu, biasa ae po’o. Td kan uda tak ksh tau. Nek ada kesusahan ya qt hadapi sama2.

Lisa     : betul.. betul.. betul,,

Ayu     : Ya ALLAh, kalian baik sekali. Thanks bgt ya. Mgkn q ga’ bsa balas kebaikan kalian

Dewi   : uda ah, biasa ae.. btw, kpn nih qt menunaikan misi qt ini.

Lisa     : halah, kya’ apa ae pake’ istilah misi2 sgla. Kya’ mau perang ae.

Ayu     : tau tuh dewi,kya’ badan intelijen ae pake’ misi2’an

Dewi   : aduh, emng susah ya ngmng ma orng2 katrok. Tau kt berbobot dkit ae lngsng komentr he..3x. ya mksd Q kpn qt mulai jdi loper koran.

Lisa     : emm ( sambil menopang dagux) bgaimana mulai besok. Sepupu Q kan ada yg jdi agen koran ma majalah. Nah qt bsa bergabung dgn dia u/ jdi salah 1 loper korannya.

Dewi   : wah, ide bgus. SIIP!!! Jdi bsok qt da mulai kerja ya. Bsok lngsng kumpul di rumah nisa ya jam 6 tepat. Ga’ boleh telat

( Lisa & ayu menjawab serempak )     : okey bos!!

Tiba- tiba bunyi bel masuk kelas berbunyi. Ketiga anak itupun lngsng memasuki kelas u/ mengikuti pljrn selanjtx. Nampak senyum keceriaan di wajah Ayu. Dia sangat bersyukur memiliki sahabt seperti Dewi dan Lisa. Pershbtn mereka memang sangat erat bahkan tak jarang teman- teman sekelasx bnyak yg iri dengan pershbtn mereka termasuk sepasang mata yang trus mengintai tindak tanduk mereka. Ya sepasang mata milik cewek manis namun kesepian karena kesombongannya. Cewek yang  memiliki nama indah seindah bola matanya, Pretty. Pretty adalah anak salah satu penyandang dana terbesar di sekolah ini dan itulah mengapa ia memiliki sifat angkuh dan arogan. Namun, dibalik seangkuhannya tersimpan perasaan iri dan rindu memiliki sahabat2 yang baik seperti persahabtn Ayu. Persahabtan yg tulus tnpa memandng status.

Keesokan paginya, Ayu dan Dewi sudah berkumpul dirumah Lisa. Mereka telah siap melakukan pekerjaan sebagai loper koran.

Lisa     : okey my friends, Are you ready ???

Dewi   : Huh, gaya tok qm iku ( sambil menjondo kepala Lisa )

Lisa     : Aduh, apaan seh. Biasa aja dong. Bner kan.. sudah siap tman2 tercnta.. Hri ini qt hrus mencri bnyak pelanggan biar dpt untung bnyk..

Ayu     : iya, wes ayo brngkt. Kburu siang da ga’ da yg berminat bli koran ntar. Inget, qt juga harus sekolah jdi ga’ bsa menjajakan koran sampek siang- siang..

Lisa     : yupi. Yuk brngkat

Ketiga orng itu pun pergi ke tempat2 umum menjajakan koran mulai dari pasar sampai perempatan lampu merah. Mereka menjajakan koran dengan semangat. Walaupun tak jarng bnyk jg para pembaca yg tidak jdi membeli..

Sampai di sebuah perempatan jalan, saat Ayu menawarkan koran ke sebuah mobil dan mobil tersebut membuka kaca jendelanya..

Ayu     : Pretty ( dengan ekspresi kaget )

Pretty : Ayu!! Ngapain qm disini.. Oh, Q tau. Qm disni mau ngemis2 ya..

Ayu     : Pretty, Jaga mulutmu. Mksd qm apa..

Pretty  : Ooops, Q slh ngmng ya. Lah qm ngapain orng miskin disini klo ga’ mau ngemis

Ayu     : kamu ( mengangkat tangan hendak menampar pretty, namun tidak jdi karena lampu keburu hijau menandakan lalu lintas hrus berjalan. )

Pretty  : Apa qm, mau nampar Q. Ayo tampar. Tampar! Kalau berani. Nama qm akan tertulis di headline koran besok bahwa  Seorng Gadis pengemis yg menganiaya pengguna jalan. Bye.. bye.. orang miskin (  pretty pergi dengan senyum merendahkan )

Lisa dan Dewi segera menghampiri Ayu

Lisa     : yu, ada apa yu.. knapa  dengan pengemudi mobil td?? (  tnya lisa dengan pnasaran )

Dewi   : iya yu,  ada apa. Keliatannya qm knal ma pengemudi td..

Ayu     : itu td Pretty..

Dewi & Lisa ( bersamaan)      : What!!! Si ratu angkuh. Qm diapain, ga’ diapa2in kan.

Ayu     : ga’ kok, Q ga’ knapa2.. uda yuk qt lnjutin jualan lagi kburu tmbh siang..

Jam 11, Ayu dan kawan2  telah menjual habis koran yang mreka bwa. Mereka pun kmbli ke rumah masing2 untuk menyiapkan diri berangkat sekolah. Setibax dirumah, Ayu melihat sebuah mobil terparkir di depan rumahnya.

Ayu     : Siapa ya yg bwa mobil dtng ke rumah Q ( tnya Ayu dalam hati )

Saat memasuki rumah, betapa kagetnya Ayu, ternyata orang yg ada dirumahnya adalah Pretty.

Ayu     : Pretty.. ngapain qm disni, belum puas qm hina q td..

Pretty  : Yu, maaf tlong jangan salah paham dlu. Q ksni bukan untuk menghina qm tp q ksni ingin memohon belas kasihan qm.

Ayu     : Belas kasihan apa mksd qm,

Pretty  : Maafin ayah Q, tlng bebaskan dia. Di dunia ini cma beliau yg q miliki setelah ibu Q pergi, kalau dia dipenjara siapa lagi yg akan mengurus Q

Ayu     : Qm ni sbnrx ngmng apa seh, q ga’ ngerti apa mksd qm ( tnya Ayu dgn wjh bingung)

Pretty  : Ayah qm kemarin dilabrak lari mobil kan..

Ayu     : Iya, ( jwb Ayu msh dengan kebingungan)

Pretty  : Sebenarnya yg menabrak ayah qm adalah ayah Q, tp sumpah itu murni kecelakaan. Waktu itu ibu Q sedang kritis di rumah sakit sehingga ayah buru- buru pulang dr kantor. Beliau nyetir dgn pikiran kacau sehingga menabrak ayah qm yg akan nyebrang jalan. Waktu itu beliau sadar kalau telah mencelakan nyawa orang tp beliau jg keburu ke rumah sakit melihat kondsi ibu q yg sedang kritis. Akhirx ayah kabur meninggalkan ayah qm. Namun ada seseorang yg melihat plat no. Mobil ayah sehingga ayah Q di tangkap dan di penjara sekarang

Ayu     : ( masih terdiam membisu) Lalu mau qm apa skrng..

Pretty  : Q ingin menyelesaikan mslh ini baik2. Tlng kluarga qm mau mencabut tuntutannya sehingga ayahku bsa bebas

Ayu     : Enak sekali qm ngmng, Qm pkir nyawa bpk q banyak. Beliau sedang kritis sekarang..

Pretty  : Yu q mohon ( pinta pretty sambil berlutut di kaki Ayu) . Tolong cabut tuntutan kluarga qm. Kita selesaikan mslh ini secara kekeluargaan. Apa qm tega melihat Q hdup sebatang kara. Q mau melakukan apapun demi qm asalkan qm cabut tuntutan itu. Q mohon Yu ( pinta pretty dengan masih berlutut di kaki Ayu )

Ayu     : ( menatap pretty dengan iba ), Baik kita selesaikan masalah ini dengan kekeluargaan tp ada syaratnya..

Pretty  : Apa syaratnya?? Akan aku lakukan..

Ayu     : Aku mau qm bsa insaf sekarang, q mau tidak berlagak sok kaya lagi di sekolah. Q mau qm bsa brubah menjadi gadis yg sopan dan baik hati.. bagaimana. Sanggup!! (mengangkat badan pretty agar berdiri )

Pretty  : Tp yu ( sambil berpikir lg ) Okey, akan aku lakukan. Sebenarnya dari dulu aku da pgen insyaf tp melihat betapa rukunnya persahabatan qm, q jdi iri dan ingin merusaknya. Q iri, mengapa qm yg hidup sederhana bisa memiliki byk shbt yg baik hati dan setia. Sedangkan Q yg pnya segalax malah ga’ bisa menemukan teman yg tulus..

Ayu     : itu karena qm terlalu menghandalkan kekayaan orng tua qm. Cba qm bersikap terbuka pd orng lain dan berusha menerima segala kekurangn maupun kelebihannya. Qm psti bsa nemuin teman yg tulus.

Pretty  : Ayu, maafin semua sikap Q slama ini ya. Q selalu hina dan ngerendahin qm. Maafkan Q yu

Ayu    : iya pret, sama2. Sekarang qt bsa jdi shbt kan ( merangkul tubuh pretty )

Pretty  : oh ya, untuk biaya rumah sakit ayah qm, Q da minta pengacara ayah untuk melunasi semuanya sampai ayah qm sembuh total

Ayu     : Ya ALLAh, pretty. Terima kasih banyak.

Pretty  : ya, sama- sama. Itu sudah menjadi kewajiban keluarga Q. Bertanggung jawab atas kejadian yg menimpa ayah qm

Ayu     : iya, mksh bget. Qm telah menyelamatkan masa depan Q dan keluarga Q. Sekarang ayo qt ke kantor polisi tp sebelumnya jemput ibu Q di rumah sakit. Qt minta ibu Q mencabut tuntutannya.

Pretty  : Okey, setelah masalah ini selesai, qm brngkt ke sekolah bareng ma Q ya..

Ayu     :  Ah, ga’ usah. Biar Q naik angkot ae..

Pretty  : ayo ah Yu, jgn sungkan2 lg. Skrng qt kan shbtan. Anggap saja ini sebagai permintaan maaf Q sekaligus ucapn terima kasih atas pencabutan tuntutan ayah

Ayu     : ya uda kalau begitu..

Pretty  : nah gt dong..

Kedua gadis itupun pergi dengan tertawa riang. Berangkulan dan bergandengan tangan. Memang mudah mencari musuh tp mencari sahabat yg tulus perlu mata batin u/ mendapatkannya. So jaga trus tali silaturahmi qt pd sesama apalagi pada orng yg qt anggap SAHABAT. Karena sampai kapanpun, sahabat tidak akan ternilai harganya.